Sebelum download saksikan video berikut ini agar mengerti
Kumpulan rpp selembar kertas bahasa jawa kelas tujuh revisi rpp bahasa jawa kelas 7 kurikulum 2013 rpp bahasa jawa kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2016 rpp bahasa jawa kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 rpp bahasa jawa kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 rpp basa jawa kelas 7 kurtilas rpp bahasa jawa kelas 7 latin rpp luring bahasa jawa kelas VII lengkap rpp bahasa jawa kelas 7 narkoba rpp bahasa jawa kelas 7 nkjv rpp bahasa jawa kelas 7 nu , RPP lengkap ke RPP Bahasa Jawa
Contoh RPP 1 Lembar Bahasa Jawa Kelas VII SMP / MTs K13 Revisi Terbaru
RPP 1 Lembar Bahasa Jawa Kelas 7 SMP / MTs K13 Revisi Terbaru Semester 1 dan 2Download rpp bahasa jawa kelas VII oki rpp bahasa jawa kelas 7 oktober 1 rpp bahasa jawa kelas 7 online rpp bahasa jawa kelas 7 pdf rpp bahasa jawa kelas 7 quadra rpp bahasa jawa kelas 7 questions rpp bahasa jawa kelas 7 quiz rpp bahasa jawa kelas 7 semester 1 rpp basa jawa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 rpp bahasa jawa kelas 7 semester 2
RPP 1 Lembar Bahasa Jawa Kelas 7 SMP / MTs K13 Revisi Terbaru Semester 1 dan 2
Contoh rpp bahasa jawa kelas 7 xxi rpp boso jawa kelas 7 zikir rpp bahasa jawa kelas 7 zulu rpp bahasa jawa kelas 7 zumba rpp bahasa jawa kelas vii kurikulum 2013 rpp bahasa jawa mts kelas 7 rpp bahasa jawa smp kelas VII rpp bahasa jawa smp kelas 7 kurikulum 2013 rpp bahasa jawa smp kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 rpp bahasa jawa smp kelas tuju semester 2 kurikulum 2013 rpp dan silabus k13 bahasa jawa kelas 7 silabus dan rpp bahasa jawa smp kelas 7 8 9.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Gratis
Informasi Pembelajaran
Persiapan
Pembelajaran
1. Membuat group kelas melalui media online (misalnya
whatsapp, messenger, dll)
dan memastikan anggota group telah tergabung secara
keseluruhan.
2. Penyampaian materi/penugasan melalui media daring dalam
bentuk
word/image/video untuk memudahkan siswa belajar secara
daring, bahan ajar/tugas
tidak perlu mengejar target kurikulum agar siswa tidak
merasa terbebani.
3. Membuat kesepakatan terkait kehadiran, pengumpulan hasil
kerja melalui media
daring yang disepakati (misalnya whatsapp, messenger, dll).
4. Memeriksa hasil kerja siswa.
5. Memberikan motivasi belajar dan selalu mengingatkan agar
patuh terhadap
protokol kesehatan ketika berada diluar rumah.
Tujuan 1. Melalui model pembelajaran pertemuan 1 dengan PBL
(Problem Based
Learning) peserta didik diharapkan dapat:
Memahami teks dengaran naratif tentang peristiwa dan
menyampaikan nilai
positif dari teks dengaran tersebut dengan benar.
2. Melalui model pembelajaran pertemuan 2 dengan discovery
learning peserta
didik diharapkan dapat:
Menanggapi isi teks naratif tentang peristiwa dan menuliskan
ringkasan dari
bacaan/ dengaran dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab,
disiplin
selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya
diri, dan
pantang menyerah serta memiliki sifat responsif (berfikir
kritis) dan
kreatif, serta mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan
baik.
Strategi/Aktifitas Pembelajaran
Metode : PBL
(Problem Based
Learning), Discovery
Learning model daring
atau dapat juga
menggunakan Blanded
Learning.
Langkah Pembelajaran :
A. Pendahuluan
1. Melalui media daring (misalnya whatsapp, messenger, dll),
mengucapkan
salam, mengecek kesehatan siswa, memotivasui pentingnya
belajar di rumah.
2. Menyampaikan materi Pengertian dan Struktur teks narasi
bisa secara video
conference atau menyimak video pembelajaran.
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke 1
1. Peserta didik mengamati video peristiwa atau dengaran
teks naratif yang
diberikan oleh guru (Klarifikasi Permasalahan).
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan berkaitan
dengan dengaran materi yang kurang jelas kepada guru
(Brainstorming).
3. Peserta didik dibimbing oleh guru dalam mendiskusiskan
isi materi
(Pengumpulan informasi dan data).
4. Peserta didik berdiskusi tentang teknik untuk
mengungkapakan isi wacana
(Berdiskusi).
5. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan hasil
diskusi/ pendapat
tentang isi teks narasi (Refleksi).
Pertemuan ke 2
1. Peserta didik membaca teks naratif yang dibagikan oleh
guru (mengamati).
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan dan menjaab
pertanyaan tentang kata-kata sukar yang ditemukan dalam bacaan
(menanya).
3. Peserta didik dibimbing dalam diskusi cara membuat
ringkasan, teknik
menceritakan kembali isi wacana dan menanggapi isi bacaan
(mengumpulkan
informasi).
4. Pesera didik mendapat bimbingan dari guru untuk
menentukan ide pokok
bacaan dalam teks narasi (mengasosiasi).
5. Peserta didik menuliskan ringkasan bacaan dan
menceritakan kembali isi
Media:
Browser
Whatsapp Messenger
Google Classroom
Sumber Belajar:
1. Buku Siswa
2. Bahan Ajar
3.Youtube:
https://youtu.be/aM38l9
MxV_Y (22 Juli2020)
Alat dan Bahan:
1. Hp/ Laptop/
Komputer
2. Alat Tulis
Sekolah : SMP Negeri 44 Semarang
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Materi : Teks Naratif tentang peristiwa
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan
bacaan.
C. Penutup
1. Guru memberikan ungkapan terimakasih kepada siswa yang
tetap disiplin
belajar dalam keadaan seperti pandemi ini.
2. Guru juga memberikan informasi materi pertemuan
berikutnya Penilaian Harian
(Teks Naratif tentang peristiwa atau kejadian) secara
daring.
Asesmen/Penilaian
Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Keterangan Penilaian
Sikap Observasi/Jurnal Tanggung Jawab, Santun, Percaya Diri,
Mandiri, Jujur, Teliti ,
Kepedulian, Kerjasama
Pengetahuan Penugasan
Tes Tertulis
LKPD
Tes Kompetensi Online (Pilihan Ganda)
Keterampilan Praktek Proses dan hasil pengumpulan kinerja
Semarang, 24 Juli 2020
Dapatkan Informasi Dunia Pendidikan Menarik Setiap Harinya!
- Dapatkan Administrasi Pendidikan Yang Kita Rilis
- Jadilah orang pertama yang mengetahui info dunia pendidikan
- Dapatkan Administrasi Gratis: Seperangkat Pembelajaran